Thursday, May 06, 2021
  • Ikuti Kami
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala

Posko Jenggala dan Prudence Foundation bangun ratusan Huntara di Lombok

Published : 25-Maret-2020 | 10:48:00

Relaksasi tim Posko Jenggala dan tim Prudence Foundation dari beberapa negara sebelum bergotong royong membangun Huntara


Realisasi pembangunan huntara butuh komitmen bersama masyarakat Dusun Boyotan Asli, Boyotan Baru, Nangka Lombok dan Boyotan Proyek. Prudensial sebagai mitra Posko Jenggala, meminta ruang bagi  volunteer (relawan) untuk berpartisipasi. Prudential mendatangkan 53 orang volunteer dari berbagai negara dan diterjunkan ke kelompok kerja di Boyotan Asli. Kehadiran volunteer menambah semangat dan antusias warga. Para relawan pun juga bekerja dengan senang hati. Hanya lima hari mereka terlibat disitu, namun kesan yang ditinggalkan sangat mendalam bagi masyarakat.

Mereka memaku, memasang bedeg (dinding bambu) bersama-sama. Buat masyarakat Boyotan Asli, ini kali pertama mereka didatangi dan bekerja dengan orang dari berbagai negara. Bagi para relawan sendiri, ini pengalaman yang jarang didapat, membangun dan membantu secara langsung masyarakat yang tertimpa bencana.

Mushalla yang runtuh juga dibangun baru. Proses pengerjaan mushalla juga dilakukan dengan gotong royong.

Permintaan membangun huntara juga datang dari Dusun Pawang Baturan, tetangga Boyotan Proyek, selain beberapa desa lainnya. Karena keterbatasan dana, hanya Pawang Baturan yang disetujui dan disepakati dibangun 34 rumah huntara.

Huntara bantuan Posko Jenggala dan Prudential Foundation, bagaikan mukjizat bagi masyarakat Boyotan Asli, Nangka Lombok, Boyotan Baru,  Boyotan Proyek dan Pawang Baturan. Berbulan-bulan lamanya mereka hidup di tenda penuh ketidakpastian dan rasa frustasi  menghadapi kenyataan. Bila turun hujan basah kuyup, siang hari kepanasan dan bila malam datang dingin pun menyergap.

Doa dan usaha untuk bangkit akhirnya terjawab. Kehadiran Posko Jenggala dan Prudential Foundation telah membangkitkan kembali rasa percaya diri dan harapan akan masa depan.

Rumah huntara tersebut tidak hanya sekedar rumah, tapi merupakan wujud dari ketabahan, kerja keras dan keteguhan hati. Rumah tersebut juga menunjukkan bahwa mereka tidak ditinggal sendiri. Masih banyak orang-orang diluar sana yang peduli dan rela berkorban buat sesama. Pembangunan rumah huntara telah membangkitkan kembali jiwa gotong royong, kepedulian dan kebersamaan dalam menghadapi musibah.

Total huntara yang dibangun Posko Jenggala dan Prudential berjumlah 136 unit


Waktu Kegiatan


20-Februari-2019 S/D 20-April-2019

Lokasi Kegiatan



Kontak

GERAKAN KEMANUSIAAN POSKO JENGGALA

Jl. Gunung Indah II No. 50, Cirendeu, Ciputat, Tanggerang Selatan

(021) 7445734

(021) 7445734

info[at]posko-jenggala.org

www.posko-jenggala.org