Saturday, March 25, 2017
  • Ikuti Kami
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala

Catatan Kecil Dari Aksi Kemanusiaan


Salam Kemanusiaan!

Indonesiaku negeri nan indah, serta kaya raya. Alam dan ragam budaya Indonesia sangat kaya, sukar mencari padanannya di belahan dunia lain. Kesempatan melihat wajah Indonesia yang sebenarnya dinikmati oleh relawan Posko Jenggala yang "secara tak sengaja" melihat the real Indonesia. Berbagai momentum dan peristiwa bencana alam yang terjadi di belahan Indonesia mempertemukan relawan Posko Jenggala dengan berbagai keindahan, disertai dengan keunikan dan kearifan lokalnya.

hal ini membuat setiap babak perjalanan menjalankan misi kemanusiaan memiliki kekhususan dalam penanganan dan perlakukannya. Dari sekian banyak kesempatan membantu para korban disetiap daerah bencana, Posko Jenggala mengambil langkah dan aksi yang tak selalu sama. Terkadang, ada program yang dikerjakan dilokasi bencana baru bisa diputuskan pada saat berada dilokasi., tanpa ada rencana sebelumnya. Biasanya, Posko Jenggala menyiapkan garis besar kegiatan saja, detailnya sangat bergantung kepada situasi di lapangan.

keindahan Indonesia tak hanya bertumpu pada alamnya, ternyata hati orangnya juga bersih, tulus dan bisa menerima apa adanya. Jiwa tolong menolong dan semangat gotong royongnya belum hilang dari jati diri anak bangsa. Tanpa direncanakan sebelumnya, Posko Jenggala sering dipertemukan seseorang atau sebuah komunitas korban bencana yang selalu tepat. Aksinya hampir selalu dipastikan tepat sasaran dan tidak salah alamat. Jika ditarik kearah yang transedental ini adalah bagian taqdir (destiny) Posko Jenggala.

Semoga bukan sebuah takabur, Posko Jenggala hanya berangkat dengan niat baik. Dari modal positif itu, Posko Jenggala yakin akan mendapatkan kemudahan dalam setiap aksinya dimanapun berada. Di berbagai tempat itulah Posko Jenggala dipertemukan dengan para sahabat Kemanusiaan yang tulus. Rasa terimakasih Posko Jenggala dimulai dari kepedulian spontan dari para donatur yang terus mempercayakan Posko Jenggala menjadi media menghimpun bantuan kepada yang membutuhkan.

Dilapangan kami tak berarti apa-apa, jika tidak dibantu oleh Sahabat Posko Jenggala, baik yang ikut dari awal keberangkatan. Maupun para sahabat yang kami kenal secara "tak sengaja" di lokasi bencana. Bahkan tak sedikit Posko Jenggala dibantu oleh para korban itu sendiri dalam menjalankan misinya. Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa, yang mempertemukan kita semua dalam aksi kemanusiaan ini.. Sejak dari 1998 hingga 2011, mulai dari provinsi Nagro Aceh Darussalam, hingga Ujung Barat Papua, bahkan disaat melakukan kegiatan kemanusiaan di Negri Paman Sam.

Tak akan optimal upaya Posko Jenggala tanpa Sahabat semua. Semangat, bahkan pengorbanan para Sahabat dalam menjalankan misi kemanusiaan menjadi catatan amal di hari akhir kelak. Karena bentuk penghargaan dari Sang Khalik adalah yang terbaik. Semoga kita bisa terus berjalan dalam semangat kemanusiaan yang tak pernah padam.

 

Nilai Seorang Manusia

"Gajah mati meninggalkan gading"

"Harimau mati meninggalkan belang"

Tapi manusia dinilai dari akal budi dan perilakunya

Disaat ia tabah melawan coba*

Disaat ia ikhlas membagi hak pada sesama**

*) Disaat ia tabah melawan coba = Karena ketabahan korban dalam menerima bencana

**) Disaat ia ikhlas membagi hak pada sesama = kerelaan yang berlebih membantu membantu yang memerlukan

 

Galeri Foto


Selengkapnya >>
Selengkapnya
Selengkapnya

Kontak

GERAKAN KEMANUSIAAN POSKO JENGGALA

Jl. Gunung Indah II No. 50, Cirendeu, Ciputat, Tanggerang Selatan

(021) 7445734

(021) 7445734

info[at]posko-jenggala.org

www.posko-jenggala.org