Saturday, March 25, 2017
  • Ikuti Kami
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala

Duka dan Air Mata di Bumi Aceh

Published : 07-Desember-2016 | 17:43:18

Salah satu masjid yang roboh akibat gempa *pic (news okezone)

Duka  dan Air Mata di Bumi Aceh

Korban Gempa 6,5 SR yang terjadi pada Rabu (7/12/2016) pukul 05.03 Wib di Kabupaten Pidie Jaya terus bertambah. Hingga saat ini telah terdata sebanyak 52 orang MD, korban terbanyak terdapat di Kabupaten Pidie sejumlah 50 orang MD,    70 orang LB dan 122 Orang LR. Di Bireun terdapat 2 orang MD, 3 orang LB, 78 orang luka-luka dan 10.000 Santri terdampak. Gempa yang terjadi hari ini diikuti 12 kali gempa susulan dan tidak berpotensi TSUNAMI. Berdasarkan analisis peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG VI – MMI. 

Saat ini Kepala BNPB telah berada dilokasi dan telah melaporkan kepada Presiden RI terkait dampak dan kerusakan akibat gempa. BNPB bersama Kementerian PU, Kementerian Sosial memberikan pendampingan kepada pemerintah daerah. Pengerahan alat berat ke lokasi bencana telah dilakukan, 3 eskavator telah berada di Kecamatan Meureudu untuk membantu proses pencarian korban gempa akibat reruntuhan. Korban luka-luka sebagian dirujuk ke Kabupaten Sigli.

Data kerusakan bangunan bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun di Kabupaten Pidie Jaya terdapat 105 Unit ruko roboh, beberapa tiang listrik roboh, beberapa ruas jalan rusak (Retak), 86 Unit rumah RB, 13 Unit Bangunan Masjid roboh, 1 unit bangunan toko Roboh dan 1 unit bangunan RSUD Pidie RB. Sedangkan di Kabupaten Bireuen terdapat  2 Unit rumah roboh, 1 Unit Masjid RB, 1 unit bangunan Kampus STAI AL-Azziziyah Roboh dan 35 unit rumah RB 

Upaya penanganan terus dilakukanuntuk melakukan bantuan penanganan darurat. BPBD Pidie Jaya dan BPBD Pidie bersama dengan TNI, Polri, Basarnas, SKPD, Tagana, PMI, relawan dan lainnya melakukan penanganan di lokasi. Fokus utama saat ini adalah pencarian dan penyelamatan korban yang tertimpa bangunan yang roboh dengan dukungan personil dari TNI sebanyak 740 orang dan Tagana sebanyak 40 orang.

Posko BNPB terus melakukan koordinasi dengan BPBD untuk melakukan pendataan. Pendataan dampak gempa terus dilakukan oleh BPBD

*Sumber BNPB


Galeri Foto


Selengkapnya >>

Berita Terbaru


Selengkapnya

Aktivitas Terbaru


Selengkapnya

Kontak

GERAKAN KEMANUSIAAN POSKO JENGGALA

Jl. Gunung Indah II No. 50, Cirendeu, Ciputat, Tanggerang Selatan

(021) 7445734

(021) 7445734

info[at]posko-jenggala.org

www.posko-jenggala.org