Saturday, August 08, 2020
  • Ikuti Kami
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala

Pembangunan MTS Al-Khairaat di desa Salua kec. Kulawi kab. Sigi - Sulawesi Tengah

Published : 25-Juni-2020 | 14:10:52

Serah terima bantuan pembangunan oleh perwakilan PT. Kalbe Farma dan Posko Jenggala kepada kepala desa Salua


Setelah gempa yang meluluhlantakkan kota Palu, kabupaten Sigi dan Donggala, Gerakan Kemanusiaan Posko Jenggala diminta oleh PT. Kalbe Farma Tbk untuk membantu membangun salah satu sekolah di kabupaten Sigi, kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi aktif atas kepedulian kemanusiaan khususnya terhadap dunia pendidikan. Maka pada awal Juli 2019 dilakukanlah survey dan peninjauan langsung ke lokasi oleh tim Posko Jenggala untuk memastikan semua hal terkait rencana pembangunan tersebut dan setelah dilakukan pemeriksaan dan berbagai pertimbangan secara matang maka diputuskan untuk membantu pembangunan MTs Al-Khairaat yang berlokasi di desa Salua kecamatan Kulawi kabupaten Sigi, yang berjarak 60 kilometer dari pusat Kota Palu melalui Jalan Poros Palu-Kulawi.

Gempa yang terjadi dibulan September 2018 telah menghancurkan bangunan MTs, sarana dan prasarana rusak berat, meja, bangku, papan tulis dan sebagian besar peralatan penunjang kegiatan belajar mengajar sudah tidak layak dipakai kembali, sehingga murid – murid pun tidak dapat melaksanakan kegiatan belajar sebagaimana mestinya, tidak hanya gempa yang membuat roboh bangunan madrasah tersebut, banjir bandang pada 5 oktober 2018 yang membawa serta material lumpur, pasir, bebatuan dan batang - batang pohon pun semakin memperparah keadaan, pasalnya lokasi madrasah yang lama berada dekat dengan aliran sungai/ saluran air hingga dikenal dengan nama Desa Salua (Salua, saluran air), sehingga pada waktu banjir bandang datang, kawasan sekolah madrasah terendam dan tertimbun pasir dan lumpur, buku – buku dan sebagian dokumen penting sekolah pun kandas, hanyut terbawa arus banjir. Selain kegiatan belajar mengajar yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan, guru dan orang tua siswa menghawatirkan akan banjir susulan yang membahayakan keselamatan putra putrinya, mengingat intensitas hujan yang masih tinggi pada waktu itu.

Singkat cerita, kegiatan belajar mengajar di MTs Alkhairaat ini terhenti untuk beberapa bulan, hingga tiba pada saat dimana ada salah satu warga Desa Salua yang juga dikenal sebagi tokoh masyarakat, Haji Suyuti yang dengan sukarela bersedia menghibahkan sebagian dari lahan kebun coklat miliknya untuk dipergunakan sebagai lokasi sekolah darurat MTs Alkhairaat, tentu penawaran seperti ini merupakan angin segar dan juga perbuatan mulia yang sangat membantu sekali. Pihak sekolah merasa lega karena lokasi kebun coklat yang nantinya akan dipergunakan sebagai sekolah darurat, jauh dari jangkauan banjir bandang karena berada pada kontur tanah yang lebih tinggi di perbukitan dan relatif lebih aman. Pihak sekolah pun segera menyambut baik penawaran tersebut dan segera membuka lahan kebun itu dengan melakukan pembersihan dan perataan lahan yang dikerjakan secara swadaya masyarakat. Untuk beberapa bulan pihak madrasah melaksanakan kegiatan belajar mengajar dibawah tenda darurat yang diperoleh dari bantuan relawan.

Dan setelah disepakati bersama, maka jadwal untuk pembangunan MTs Alkhairaat Desa Salua ini akan dimulai pada tanggal 14 Juli 2019 sampai dengan 14 September 2019, dengan durasi waktu kurang lebih 60 hari kalender dan dikerjakan oleh pelaksana kerja/ para tukang lokal dan sewaktu waktu dibantu swadaya masyarakat. Kepala Madrasah, Bapak Tiswan kala itu melakukan simbolis peletakan batu pondasi pertama sebagai isyarat bahwa pembangunan telah resmi dimulai. Tim pelaksana kerja pun bergegas melanjutkan tahap demi tahap semua pekerjaan dengan teliti sesuai dengan alur yang telah disepakati.

Untuk membantu kelancaran pembangunan, Posko Jenggala mengirimkan Insan Slamet yang ditugaskan untuk mengawasi jalannya pembangunan sekaligus sebagai quality control dan monitoring progress. Pembangunan tersebut dikerjakan oleh Pelaksana kerja dan sesekali dibantu para warga desa Salua agar cepat selesai pembangunannya, Pak Ruslan yang sedari awal merupakan kontak utama dari Posko Jenggala yang juga merupakan salah satu guru dari Mts Al-Khairaat juga turut berperan aktif atas terselesaikannya pembangunan ini

Pada awal – awal pembangunan MTs Al-Khairaat ini mengalami beberapa kendala, antara lain lamanya mobilisasi material yang terhambat oleh aktivitas buka tutup jalan, tidak kurang dari 4 kali kita harus melewati jalur longsoran yang sedang dalam pengerjaan dan perbaikan oleh Dinas Bina Marga Kabupaten Sigi, ditambah kondisi jalan yang terjal dan licin sehingga harus ekstra hati – hati. Masih soal mobilisasi, karena lokasi pembangunan berada diatas bukit dan tidak bisa diakses langsung oleh kendaraan roda empat, sehingga material hanya bisa dibongkar di tepi jalan dan harus diangkut lagi oleh kendaraan motor roda dua untuk sampai ke lokasi pembangunan, itu semua merupakan tantangan yang harus dilalui dan tetap dijalankan dengan kompak dalam kebersamaan demi terselesaikannya pembangunan tersebut

Selama proses pembangunan, tumbuh semangat dan harapan baru dari anak-anak yang bersekolah di desa Salua, pembangunan MTs tersebut merupakan relokasi dari lokasi MTs sebelumnya yang terkena banjir bandang setelah gempa pada bulan Oktober 2018. Durasi waktu pembangunan berjalan selama kurang lebih 2 bulan, dan sampailah bangunan MTs tersebut pada proses finishing dan dinyatakan selesai. Acara serah terima bantuan sekaligus peresmian telah disiapkan sedemikian rupa. Hari Sabtu 14 September 2019, adalah hari yang berbahagia bagi semua, acara serah terima bantuan ini dihadiri oleh tokoh masyarakat setempat, para guru, perwakilan orang tua siswa, siswa-siswi MTs, masyarakat desa Salua dan Perwakilan dari PT. Kalbe Farma, Tbk Kota Palu yang sekaligus melakukan prosesi simbolis serah terima bantuan kepada pihak MTs.


Waktu Kegiatan


14-Juli-2019 S/D 14-September-2019

Lokasi Kegiatan


Aktivitas Terbaru


Selengkapnya

Kontak

GERAKAN KEMANUSIAAN POSKO JENGGALA

Jl. Gunung Indah II No. 50, Cirendeu, Ciputat, Tanggerang Selatan

(021) 7445734

(021) 7445734

info[at]posko-jenggala.org

www.posko-jenggala.org