Sunday, November 19, 2017
  • Ikuti Kami
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala

Banjir Bandang Garut 2011

Published : 03-Maret-2015 | 22:02:46

Berbagai cara dapat ditempuh dalam mengatasi banjir tahunan dan musiman, tetapi dari tahun ketahun masalah banjir di Indonesia merupakan masalah yang sangat kompleks dimana setiap musim penghujan selalu menggenangi daratan Indonesia, pemerintah baik pusat dan daerah seolah kehilangan akal dalam mengatasi banjir setiap musim penghujannya.


Bencana banjir hampir setiap musim penghujan melanda Indonesia. Berdasarkan nilai kerugian dan frekuensi kejadian bencana banjir terlihat adanya peningkatan yang cukup berarti. Kejadian bencana banjir tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor alam berupa curah hujan yang diatas normal dan adanya pasang naik air laut. Disamping itu faktor ulah manusia juga berperan penting seperti penggunaan lahan yang tidak tepat (pemukiman di daerah bantaran sungai, di daerah resapan, penggundulan hutan, dan sebagainya), pembuangan sampah ke dalam sungai, pembangunan pemukiman di daerah dataran banjir dan sebagainya.

Sebagaimana diberitakan juga baik di media massa dan elektronik hampir seluruh wilayah Indonesia yang meliputi Jawa, Sumatra, Kalimantan dan berbagai daerah lainnya di Indonesia terdapat curah hujan yang sangat tinggi sehingga menyebabkan banjir yang berkelanjutan. Tahun 2012 merupakan banjir 5 (lima) tahunan yang masuk dalam skala besar. Tercatat hingga bulan januari 2012 beberapa propinsi di Indonesia tergenang banjir yang dapat dikategorikan besar, dalam hal tersebut peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam mengelola tata kota dan mempunyai daerah resapan air yang layak didaerah yang memang rawan banjir setiap musim penghujan.

Berbagai cara dapat ditempuh dalam mengatasi banjir tahunan dan musiman, tetapi dari tahun ketahun masalah banjir di Indonesia merupakan masalah yang sangat kompleks dimana setiap musim penghujan selalu menggenangi daratan Indonesia, pemerintah baik pusat dan daerah seolah kehilangan akal dalam mengatasi banjir setiap musim penghujannya

Apa yang salah dengan negeri ini?berbagai statement muncul seiring meluasnya dan kurangnya antisipasi pemerintah terhadap bencana banjir yang datang ditanah air, bagaimana mengatasi banjir yang dating setiap tahunnya?adakah perah pemerintah dan aparaturnya dalam mencegah dan setidaknya mengantisipasi sejak dini?


Waktu Kegiatan


07-Mei-2011 S/D 11-Mei-2011

Lokasi Kegiatan


Berita Terbaru


Selengkapnya

Aktivitas Terbaru


Selengkapnya

Kontak

GERAKAN KEMANUSIAAN POSKO JENGGALA

Jl. Gunung Indah II No. 50, Cirendeu, Ciputat, Tanggerang Selatan

(021) 7445734

(021) 7445734

info[at]posko-jenggala.org

www.posko-jenggala.org