Sunday, November 19, 2017
  • Ikuti Kami
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala

Pangandaran Dilanda Gempa dan Tsunami

Published : 17-Januari-2015 | 01:03:38

Seolah tak berhenti, gempa bumi dan tsunami kembali melanda Indonesia. Kali ini terjadi di pantai selatan Pulau Jawa. Pangandaran menjadi daerah yang terparah.


Hanya memakan waktu kurang dari dua bulan setelah gempa bumi melanda Yogyakarta– sekitar 1,5 tahun setelah gempa bumi dan tsunami dahsyat melanda Aceh– gempa bumi dan tsunami melanda Pangandaran, Jawa Barat pada 17 Juli 2006. Gempa terjadi sore hari, tepatnya pukul 15.19 WIB. Berkekuatan 6,8 Skala Richter (SR) dengan lokasi pusat gempa berada sekitar 620 kilometer arah selatan Kota Bandung dengan kedalaman 48 kilometer.

Gempa bumi yang melanda beberapa wilayah di pantai selatan Pulau Jawa– selain Pangandaran, Cilacap dan Kebumen juga terkena– ini membuat air laut surut hingga satu meter selama sekitar tujuh menit. Baru setelah itu, sekitar 20 menit sejak gempa terjadi, tsunami setinggi tiga hingga empat meter menghantam daratan. Bahkan di beberapa tempat ada yang mencapai enam meter. Pangandaran menjadi daerah terparah dilanda gempa dan tsunami ini.

Rumah dan bangunan– terutama yang berada di pinggir pantai– hancur. Menurut data dari Sekretaris Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Republik Indonesia pada Selasa, 18 Juli 2006, jumlah korban meninggal dunia terbanyak di Jawa Barat yang mencapai 341 orang. Sedangkan korban hilang sekitar 229 orang. Korban tewas di Ciamis atau Pangandaran sebanyak 182 orang, Tasikmalaya sebanyak 54 orang, dan Banjar tiga orang. Wilayah Jawa Tengah juga terdapat korban meninggal dunia sebanyak 102 (Cilacap: 91 orang, Kebumen: tujuh orang, dan Gunung Kidul: empat orang).

 Posko Jenggala bersama Medco Peduli– program kemanusiaan dari Medco Group– memberikan bantuan pada masyarakat yang menjadi korban dari gempa bumi dan tsunami di Pangandaran. Bantuan untuk tahap darurat berupa menggelar klinik pengobatan gratis dan distribusi logistik (makanan, minuman, dan perlengkapan hidup).

Setelah fase darurat usai, Posko Jenggala, Medco Peduli, dan masyarakat setempat secara bersama-sama membangun kembali beberapa tempat yang rusak oleh gempa dan tsunami. Di antaranya adalah pembangunan kembali dermaga dan tempat pelelangan ikan yang menjadi sarana vital bagi kehidupan masyarakat 


Waktu Kegiatan


17-Juli-2006 S/D 31-Juli-2006

Lokasi Kegiatan


Berita Terbaru


Selengkapnya

Aktivitas Terbaru


Selengkapnya

Kontak

GERAKAN KEMANUSIAAN POSKO JENGGALA

Jl. Gunung Indah II No. 50, Cirendeu, Ciputat, Tanggerang Selatan

(021) 7445734

(021) 7445734

info[at]posko-jenggala.org

www.posko-jenggala.org