Sunday, November 19, 2017
  • Ikuti Kami
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala

Pengobatan Gratis Bantar Gebang Kota Bekasi

Published : 17-Januari-2015 | 02:50:56

TPST Bantar Gebang yang memiliki luas total daerah 110,3 Ha ini terletak di Kota Bekasi. Posisi TPST dikelilingi oleh 3 kelurahan, yaitu Kelurahan Cikiwul, Kelurahan Sumur Batu, dan Kelurahan Ciketing Udik.


Visi dari pengelolaan TPST Bantar Gebang ini adalah sebagai pusat studi persampahan dan alternatif pariwisata. Saat ini luasnya mencapai 110 hektar, dan akan mengalami penambahan 10,5 hektar untuk tempat pengolahan. TPST terbagi menjadi 5 zona. Truk yang masuk ke dalam TPST ini kurang lebih 1000 truk/hari. Sejumlah 53% dari jumlah sampah di TPST ini telah menjadi kompos. Sampah yang diakui cukup mendominasi adalah sampah-sampah plastik!

Jumat Malam tanggal 12 okober 2012 beberapa rekan-rekan paramedis yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Jakarta bermalam di Posko Jenggala (kediaman Andi Sahrandi), sekedar mempersiapkan baksos esok hari dan repacking obat-obatan.

Pagi hari tanggal 13 Oktober 2012 beberapa dokter yang akan bergabung mulai berdatangan ke sekretariat Posko Jenggala, pagi itu total dokter ada 6 orang yang terdiri dari Ardinal, Restu, Jun, Oji, Rizka dan Wulan. Sedangkan paramedis berjumlah 6 orang yang terdiri dari Amril, Fajri, Pria, Sigit, Trisna dan Raysha ditambah dengan Erma dan Wina sebagai tambahan medis dan Rendy dan Jarot di Logistik. Pukul 07.00 WIB kami bersiap untuk berangkat menuju lokasi baksos, sebelum berangkat kami menyempatkan diri untuk berdoa yang dipimpin oleh Andi Sahrandi.

Sesampainya dilokasi kami disambut oleh para warga yang tengah menunggu kami untuk berobat, juga dapat dijumpai aparatur desa Cikiwul dan rt/rw setempat, tempat baksos kami terletak di dalam madrasah/PAUD yang dibangun atas gotong royong masyarakat, ruangan yang kami pakai terdapat dua ruang kelas, yang pertama untuk pemeriksaan dokter dan ruangan yang kedua untuk distribusi obat-obatan kepada pasien.

Tak terasa didalam cuaca yang sangat terik ini waktu telah menunjukkan pukul 11.00 WIB, sebelum para dokter dan paramedis istirahat untuk makan siang datanglah seorang pasien Hernia yang diperiksa oleh dr. Ardinal, dia mengkonsultasikan penyakit dan penyembuhan untuk kedepannya.

Pukul 11.55 WIB untuk sementara posko pengobatan kami tutup untuk istirahat dan makan siang, kemudian kami buka kembali pukul 13.00 WIB, setelah pendaftaran kami buka datang seorang anak berumur 4 tahun dengan diantar oleh ibunya, anak tersebut mengalami gusi bengkak yang dimana dan gigi yang bolong sehingga menyebabkan sakit yang amat sangat, anak tersebut diperiksa oleh dr. Restu dan diputuskan gigi yang bolong tersebut untuk dicabut, anak tersebut kelihatan takut sekali, oleh dr. Restu kemudian diajak bermain dan dengan sekejap gigi tersebut sudah tercabut walaupun anak tersebut menangis dengan kerasnya.

Pukul 15.00 WIB pasien yang datang ketempat pengobatan kami sudah mulai berkurang, maka kami pun memutuskan untuk bersiap-siap kembali ke secretariat Posko Jenggala, tak lupa kami packing kembali obat dan sedikit mendokumentasikan secara bersama-sama


Waktu Kegiatan


12-Oktober-2012 S/D 13-Oktober-2012

Lokasi Kegiatan


Berita Terbaru


Selengkapnya

Aktivitas Terbaru


Selengkapnya

Kontak

GERAKAN KEMANUSIAAN POSKO JENGGALA

Jl. Gunung Indah II No. 50, Cirendeu, Ciputat, Tanggerang Selatan

(021) 7445734

(021) 7445734

info[at]posko-jenggala.org

www.posko-jenggala.org