Sunday, November 19, 2017
  • Ikuti Kami
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala

Peduli Cianjur

Published : 17-Januari-2015 | 02:08:48

Pembangunan Majelis Ta'lim, Penanaman bibit pohon produksi dan pengobatan geratis untuk masyarakat Cianjur.


Pembangunan Majelis Ta’lim

Setelah tim dari Posko Jenggala melakukan survey dan menganalisa kondisi lapangan, didapat bahwasanya kebutuhan akan fasilitas umum dan fasilitas sosial masih kurang, maka dalam hal ini tim dari Posko Jenggala dan aparatur pengurus desa dan warga desa Campaka maka mendapat kesepakatan untuk membuat majelis ta’lim yang dapat berguna sebagai sarana umum di desa Campaka, yang dimana pembangunan tersebut dipimpin langsung oleh Andi Sahrandi selaku coordinator tim, Posko Jenggala dan warga desa Campaka bersama-sama dan bergotong royong melakukan pembangunan majelis ta’lim, antusiasme warga desa Campaka sangat terlihat dengan banyaknya warga yang ikut membantu pembangunan, selain itu juga terlihat rombongan anak-anak sekolah yang ikut membantu secara estafet mengangkut bahan baku dari transportasi, karena lokasi pembangunan majelis ta’lim merupakan jalan setapak.

Pembangunan majelis ta’lim ini menggunaan konsep semi permanen dengan ukuran bangunan 6 x 6 m2, dengan luas tanah 10 x 10 m2, sebagai pondasi dari bangunan majelis ta’lim tersebut adalah tiang dari bamboo, sebagai bentuk sumberdaya alam yang memang daerah desa Campaka banyak ditumbuhi pohon bamboo, dengan atap genteng dan pondasi terbuat dari pohon bamboo serta dasar dan dinding bangunan dari batako dan batu bata.

Pembangunan majelis ta’lim di desa Campaka dapat dikerjakan dengan sangat efektif dan efisien karena dikerjakan dalam kurun waktu 3 (tiga) hari dimulai pada hari jumat dan selesai hari minggu, hal tersebut membanggakan tim Posko Jenggala dan warga desa Campaka. Pada

Akhirnya tim Posko Jenggala selesai membuat dan memberikan kontribusi dalam fasilitas umum kepada masyarakat dan warga desa Campaka.

 

Penanaman Bibit Tanaman Produksi

Selain bantuan kemanusiaan dan pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial, Posko Jenggala juga berupaya melestarikan lingkungan sekitar dengan memberikan bantuan bibit tanaman produktif sebanyak 2000 pohon, yang terdiri dari pohon aren, jambu batu dan mahoni.

Penanaman dilakukan disekitar lingkungan warga desa Campaka terutama di dusun Campaka dan Campaka Mekar. Dengan dibantu karang taruna kami bahu membahu menanam bibit yang tersedia tersebut, dari mulai di lading milik masyarakat hingga sisi jalan sekitar dua dusun tersebut.

Ada beberapa dari warga masyarakat yang meminta untuk menanam dipekarangan rumahnya, dengan senang hati tim Posko Jenggala memberikan bibit tersebut.

Dalam penanaman ini kami melibatkan seluruh masyarakat desa Campaka, mulai dari warga masyarakat, karang taruna hingga kepada anak-anak. Dengan adanya penanaman bibit ini kelak dapat memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat dan warga desa Campaka kedepannya, selain itu juga dimaksudkan untuk semakin menghijaukan lingkungan dan membuat kreatifitas masyarakat dalam pelestarian lingkungannya.

 

Pengobatan Gratis

Pagi hari Jumat 2 Maret 2012 Team dari Posko Jenggala yang terdiri dari 3 orang tim logistik, 10 orang tim dokter, 4 orang tim paramedis, 2 orang tim apoteker dan dibantu oleh Erma berkumpul disekretariat Posko Jenggala yang merupakan kediaman Andi Sahrandi dijalan Gunung Indah 2 No. 50 Cireundeu Ciputat bersiap menuju lokasi pengobatan gratis di desa Campaka, Tim berangkat dari Jakarta menuju lokasi lebih awal karena jarak tempuh lokasi pengobatan yang cukup jauh (± 35 km dari kota Cianjur) dan tiba di desa Campaka malam hari, ketika sampai tim pengobatan gratis Posko Jenggala beristirahat dikediaman rumah Dadang (Kesra desa Campaka) mencoba untuk meregangkan otot-otot seraya bermusyawarah untuk kegiatan esok hari.

Sabtu tanggal 3 Maret 2012 tim Posko Jenggala terbagi 2 (dua) titik lokasi pengobatan, tim A menuju dusun Panyairan dan tim B menuju dusun Cisalada, team dokter dan team apoteker mulai membuka Posko pengobatan gratis pagi hari hingga sore hari, warga dari kedua dusun mulai berdatangan ke lokasi tempat Posko Jenggala membuka pengobatan gratis, terlihat para warga sekitar tidak datang bersama-sama, hal tersebut dikarenakan kondisi wilayah kedua dusun tersebut yang memang berada dilokasi perkebunana teh dan dititik tertinggi didesa Campaka yang berbukit-bukit. Satu persatu mereka datang dengan membawa anggota keluarga mereka untuk dapat berobat secara gratis, dari anak balita dan sebagian besar manula dapat dijumpai di posko pengobatan dengan beraneka ragam penyakit.

Siang harinya ketika team dokter tengah sibuk memeriksa warga, datanglah seorang laki-laki paruh baya dengan diantar oleh pemuda setempat, setelah diperiksa oleh tim dokter dapat ditemukan lelaki tersebut menderita penyakit Gangrendiabetik yaitu sejenis penyakit luka yang terus membesar sebagai akibat dari kadar gula yang meninggi.

Hari telah berubah menjadi petang hari, team Posko Jenggala bersiap-siap untuk packing dan kembali ke penginapan, berbekal semangat yang masih tersisa, masih sempat dari kami tim Posko Jenggala untuk bersenda gurau dan bercanda antar sesama tim untuk melepas lelah di cuaca yang dingin ini.

Dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi tim Posko Jenggala bahwasanya dihari pertama ini tim memberikan bantuan terhadap 1061 pasien yang mengunjungi tim pengobatan Posko Jenggala

Minggu 4 Maret 2012 tim Posko Jenggala kembali membuka posko pengobatan gratis, kali ini tim membuka posko di dusun Campaka dan dusun Campaka Mekar dengan menggunakan kantor balai desa Campaka dan ruang serbaguna di desa Campaka Mekar, dengan topografi yang agak berdekatan antara desa Campaka dan desa Campaka Mekar para warga datang dalam bersama-sama sehingga membuat tim pendaftaran dan apoteker agak sedikit kewalahan dengan pasien yang padat.

Dengan dibantu oleh relawan lokal yang sangat antusias akan kedatangan tim pengobatan Posko Jenggala maka keramaian pasien yang berobat dapat teratasi sehingag suasana pun menjadi teratur dan kondusif meskipun sangat padat.

Dihari kedua ini posko pengobatan dapat membantu dan memberikan pelayanan kesehatan terhadap 635 pasien dengan berbagai analisa dan indikasi macam penyakit.


Waktu Kegiatan


02-Maret-2012 S/D 04-Maret-2012

Lokasi Kegiatan


Berita Terbaru


Selengkapnya

Aktivitas Terbaru


Selengkapnya

Kontak

GERAKAN KEMANUSIAAN POSKO JENGGALA

Jl. Gunung Indah II No. 50, Cirendeu, Ciputat, Tanggerang Selatan

(021) 7445734

(021) 7445734

info[at]posko-jenggala.org

www.posko-jenggala.org