Sunday, November 19, 2017
  • Ikuti Kami
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala

Banjir Karawang April 2010

Published : 17-Januari-2015 | 01:52:10

Luapan air Sungai Citarum mengamuk di Karawang, Jawa Barat. Korban banjir dari sungai yang melewati tiga bendungan ini harus dibantu.


Sungai Citarum di Karawang, Jawa Barat meluap pada April 2010. Banjir merendam lebih dari 5 ribu rumah penduduk di 21 desa di tujuh kecamatan: Karawang Barat, Karawang Timur, Telukjambe Timur, Telukjambe Barat, Ciampel, Batujaya, dan Kecamatan Pakisjaya. Di antara daerah-daerah yang dilanda banjir, daerah Kecamatan Telukjambe Timur dan Karawang Barat adalah daerah yang paling parah tergenang banjir.

Di Kecamatan Telukjambe Timur, lebih dari 3.500 rumah di tujuh desa terendam banjir. Sedangkan di Karawang Barat sebanyak seribu rumah terendam. Di Kecamatan Pakisjaya terdapat ratusan rumah di empat desa yang terendam banjir. Kemudian, di Kecamatan Batujaya, banjir hanya melanda satu desa. Air masih terus naik hingga mencapai setinggi perut hingga leher orang dewasa. Di beberapa tempat, seperti Desa Telukjambe, Wadas, Purwadana, Sukaharja, Puseurjaya, Sukaluyu, dan Desa Sirnabaya, ketinggian air mencapai 2,5 meter.

Banjir diduga karena salah satu bendungan di Sungai Citarum (Waduk Jatiluhur) ketinggian airnya telah berlebih (overload), dengan ketinggian kurang lebih 1 meter. Seperti diketahui, Sungai Citarum melewati tiga buah bendungan, yaitu: Saguling, Cirata, dan Jatiluhur. Sebenarnya, air yang keluar dari Jatiluhur tidak mencapai 700 meter kubik per detik. Namun, dalam perjalanan hingga daerah Karawang, debit ini bertambah oleh beberapa anak sungai yang bermuara ke Sungai Citarum. Kondisi ini menyebabkan luapan air di daerah bantaran Sungai Citarum di Karawang dan sekitarnya.

Melihat kondisi yang ada di Karawang, Posko Jenggala berupaya memberikan bantuan bagi korban banjir. Aktivitas pertama yang dilakukan adalah melihat kondisi tanggul-tanggul yang dipasang mengelilingi beberapa desa yang terkepung banjir. Soalnya, sudah lebih dari dua pekan, air banjir belum menunjukan adanya tanda-tanda perubahan untuk surut. Bahkan volume air terlihat meningkat. Air akan semakin bertambah bila curah hujan di Kota Purwakarta, Karawang semakin tinggi. Meskipun laju air terlihat deras, namun volume air belum mengalami penurunan.

Dari pengamatan yang dilakukan Posko Jenggala, terjadi rembesan air dari sisi tanggul yang telah dipasang. Walaupun sudah dipasang penyanggah, masih terlihat rembesan yang semakin mengkhawatirkan. Ditakutkan tanggul akan jebol dan air akan tumpah ke desa yang berada dekat tanggul, di mana desa-desa tersebut memiliki permukaan yang lebih rendah dari tanggul.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Posko Jenggala memberikan bantuan 2 ribu karung untuk menambah dan memperkuat tanggul. Salah satunya dilakukan di daerah Teluk Jambe dan Bungin, Pakis Jaya. Penguatan tanggul ini berupa penambahan karung-karung di lokasi yang mulai terjadi kerusakan dan rembesan air. Juga, peninggian pada tanggul-tanggul yang masih rendah.

Selain pemberian bantuan karung, Posko Jenggala mendistribusikan bantuan logistik berupa: seribu dus mie instan (Salam Mie), 50 lusin kaos, 10 dus pembalut wanita, serta 60 dus air mineral. Pendistribusian dilakukan secara parsial di 11 lokasi banjir. Baik secara langsung maupun melalui kantor desa setempat. Sedangkan untuk 20 karton susu balita didistribusikan bersamaan dengan pelaksanaan program pengobatan gratis dengan menggunakan resep dokter.

Ketika banjir mulai surut, maka Posko Jenggala menggelar pengobatan gratis di lokasi-lokasi yang terkena banjir. Di dua desa di Karawang, Desa Sagaran dan Desa Teluk Jaya telah terlayani sebanyak: 575 orang pasien. Jumlah pasien berjenis kelamin perempuan sebanyak 300 orang dan pasien laki-laki sebanyak 275 orang. Usia yang terbanyak adalah 1 – 5 tahun (125 orang) dan 26 – 50 tahun (125 orang). Usia 0 – 1 tahun sebanyak 90 orang, 6 – 12 tahun sebanyak 99 orang, 13 – 25 tahun sebanyak 65 orang, dan di atas 50 tahun sebanyak 71 orang.

Penyakit yang banyak diderita adalah ISPA (125 orang pasien), Dermatitis (165 orang pasien), Gastritis (91 orang pasien), Tifoid (65 orang pasien), Mialgia (45 orang pasien), dan lain-lain (35 orang pasien).

Kemudian pada Minggu, 4 April 2010, Tim Kesehatan Posko Jenggala melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat di Desa Adiaksa, Karawang Barat. Total jumlah pasien yang tertangani sebanyak 815 orang pasien, dengan perincian laki-laki: 335 orang pasien dan perempuan: 460 orang pasien. Rentang usia terbanyak adalah usia 26 – 50 tahun (235 orang pasien), disusul 195 orang pasien usia 13 – 25 tahun, lalu 150 orang pasien berusia 6 – 12 tahun. Setelah itu, pasien berusia 0 – 1 tahun sebanyak 110 orang, kemudian 85 orang pasien berusia 2 – 5 tahun, dan pasien berusia di atas 50 tahun sebanyak 40 orang.

Penyakit yang diderita pasien yang datang ke pengobatan gratis Posko Jenggala, tertinggi adalah ISPA (sebanyak 250 orang pasien). Lalu, Dermatitis sebanyak 190 orang pasien, disusul Tifoid sebanyak 110 orang pasien. Hipertensi dan Mialgia masing-masing 85 dan 95 orang pasien. Sedangkan lain-lain sebanyak 95 orang pasien.

Untuk wilayah desa Poncol kidul, Karawang Barat, warga korban banjir yang melakukan pengobatan di Posko jenggala sebanyak 795 orang pasien. Rentang usia pasien terbanyak adalah 2 – 5 tahun sebanyak 195 orang. Rentang usia 13 –25 tahun menduduki peringkat kedua dengan jumlah pasien sebanyak 175 orang. Disusul rentang usia 26 – 50 tahun sebanyak 165 orang. Pada urutan keempat adalah rentang usia 6 – 12 tahun sebanyak 95 orang pasien. Kemudian, rentang usia di atas 50 tahun sebanyak 90 orang pasien. Dan, usia 0 – 1 tahun sebanyak 75 orang pasien.

Penyakit yang banyak diderita adalah ISPA (265 orang pasien), Tifoid (185 orang pasien), Dermatitis (105), Hipertensi (95 orang pasien), Mialgia (75 orang pasien), dan lain-lain sebanyak 85 orang pasien.

Posko Jenggala berusaha melakukan perannya untuk meringankan beban para korban bencana Banjir Karawang, Jawa Barat.


Waktu Kegiatan


01-April-2010 S/D 01-April-2010

Lokasi Kegiatan


Berita Terbaru


Selengkapnya

Aktivitas Terbaru


Selengkapnya

Kontak

GERAKAN KEMANUSIAAN POSKO JENGGALA

Jl. Gunung Indah II No. 50, Cirendeu, Ciputat, Tanggerang Selatan

(021) 7445734

(021) 7445734

info[at]posko-jenggala.org

www.posko-jenggala.org